Polres Sampang tekan kecelakaan dengan Operasi Zebra

MADURAKU.COM - Polres Sampang, berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah itu melalui operasi Zebra Semeru 2019 yang digelar mulai Rabu (23/10) hingga 14 hari kedepan.

"Operasi Zebra Semeru 2019 ini merupakan upaya sistemik yang kami lakukan, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan upaya tertib berlalu lintas," kata Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro di Sampang saat apel gelar pasukan di halaman Mapolres Sampang, Rabu (23/10/2019).

Operasi ini tidak hanya dari kalangan personel Satuan Lalu Lintas Polres Sampang saja, akan tetapi juga melibatkan dari instansi samping, seperti TNI, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Sampang.

Pelaksanaan gelar pasukan ditandai dengan penyematan pita dan pemakaian helm SNI kepada perwakilan peserta apel oleh Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro.

Kapolres mengatakan, operasi Zebra Semeru 2019 akan digelar selama 14 hari mulai Rabu hari ini 23 Oktober hingga Selasa 05 November 2019.

Operasi tersebut bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Kecelakaan lalu lintas itu diawali dari pelanggaran, nanti selama pelaksanaan operasi dilakukan sidang ditempat yang melibatkan kejaksaan dan pengadilan," ujar kapolres.

Didit menegaskan, pihaknya akan terus menekan angka pelanggaran berlalu lintas di Sampang. Ia juga meminta agar para orangtua siswa tidak membiarkan putra-putrinya yang belum cukup umur mengendarai kendaraan bermotor.

Selama operasi kali ini, petugas akan memberikan tindakan yang sifatnya represif kepada pelanggar serta tindakan preventif.

Petugas juga tidak akan tebang pilih dalam menindak tegas para pelanggar lalu lintas. Penindakan tegas itu dikhususkan bagi para pelanggar yang benar-benar fatal dan membahayakan bagi keselamatan orang lain.

"Pelanggaran selama ini didominasi oleh pengendara dibawah umur, maka itu kedepan semua harus memiliki nilai budaya untuk tertib berlalu lintas," kata Didit.

Menurutnya, ada delapan poin yang menjadi sasaran prioritas Operasi Zebra Semeru 2019. Diantaranya, pengendara dan penumpang roda dua tidak menggunakan helm SNI, berkendara melebihi batas kecepatan maksimal, pengendara kendaraan bermotor dibawah umur.

Kemudian, pengendara roda empat atau lebih tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara dalam pengaruh minuman alkohol, menggunakan handphone saat berkendara, kelengkapan dan keabsahan surat ranmor, serta berkendara yang melawan arus.

Sementara itu, pada Operasi Zebra 2018, data pelanggaran lalu lintas yang ditangani Polres Sampang tercatat sebanyak 259 pelanggaran dengan jumlah pelanggaran terbanyak adalah pengendara roda dua, yakni 191 pelanggaran dan sisanya merupakan pengemudi roda empat. (MADURAKU.COM)

0 Response to "Polres Sampang tekan kecelakaan dengan Operasi Zebra"

Posting Komentar