54 TPS di Sampang Dilaporkan Tidak Melakukan Penghitungan Suara

MADURAKU.COM - Sebanyak 54 TPS di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur dilaporkan tidak menggelar perhitungan surat suara, akan tetapi  namun hasilnya ada.

Mohammad Jakfar, caleg DPRD Sampang dari Partai Hanura yang melaporkan dugaan pelanggaran itu ke Bawaslu. Dia mengatakan, Desa Plampaan dan Rabasan, Kecamatan Camplong sebagai dua wilayah tempat terjadinya dugaan pelanggaran tersebut.

"Ada 54 TPS yang kami laporkan, 25 TPS di Desa Plampaan dan 29 TPS Desa Rabasan," kata dia merinci jumlah TPS yang diduga tidak menggelar perhitungan suara, seperti dilansir tempo.co, Kamis 18 April 2019.

Jakfar mencontohkan di Desa Plampaan timnya sempat mendatangi sejumlah TPS dan menanyakan ihwal hasil perhitungan suara. Namun panitia mengatakan di TPS itu tidak perlu ada perhitungan suara karena sudah ada arahan dari kepala desa.

Artinya pencoblosan hanya formalitas, namun hasil yang ditulis dalam form C1 telah ditentukan oleh si kepala desa.

"Kami juga serahkan bukti-bukti, seperti surat pernyataan gugatan yang ditandatangani pihak panitia bahwa tidak ada penghitungan," jelas Jakfar.

Menanggapi laporan soal tak ada perhitungan surat suara itu, Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Sampang, Yunus Ali Ghafi, memastikan akan menindaklanjuti dan langkah awal yaitu memanggil Panitia Pengawas Kecamatan Camplong.

"Kami sudah menerima laporan itu, kami juga sudah memanggil panwascam untuk identifikasi, kami akan selidiki lebih jauh," ungkap Ali, sebagaimana dilansir tempo.co. (MADURAKU.COM)

0 Response to "54 TPS di Sampang Dilaporkan Tidak Melakukan Penghitungan Suara"

Posting Komentar